Minggu, 29 Desember 2013

Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit Berminyak
Tahukah anda, bahwa kulit berminyak merupakan jenis kulit yang paling rentan terserang jerawat. Karena itu kita harus melakukan perawatan yang benar untuk jenis kulit berminyak ini. Karena jika dirawat dengan benar, jenis kulit ini juga berpotensi awet muda.

Dan berikut ini saya informasikan mengenai cara mengatasi dan merawat kulit berminyak.

Pelembap bebas minyak
Ini mungkin terdengar aneh, tapi kulit berminyak bisa menjadi kering dan membutuhkan pelembap juga. Jika kulit berminyak menjadi kering, hal ini dapat menyebabkan produksi minyak tambahan. Gunakan pelembap yang bebas minyak dan ringan.

Jangan sering mencuci wajah
Mencuci wajah dua kali sehari sudah cukup untuk menyingkirkan minyak dan kotoran berlebih. Jika Anda mencuci wajah lebih dari itu, bisa merangsang produksi minyak tambahan. Selain itu, hindari air dingin dan gunakan air hangat untuk mencuci wajah.

Makanan
Apa yang Anda makan memiliki efek langsung pada kulit. Jika Anda memiliki kulit berminyak, konsumsilah makanan yang kaya protein, vitamin B5 dan B2, sayuran berdaun hijau, dan buah segar. Selain itu, banyak-banyaklah minum air putih sesuai anjuran untuk membantu membilas racun. Batasi asupan gula, garam, junk food, dan lemak tidak sehat.

Membersihkan
Sangat penting untuk menjaga kulit berminyak tetap bersih. Anda dapat membersihkan wajah dua kali sehari untuk menyingkirkan kelebihan minyak dan membersihkan pori-pori dari kotoran.

Gunakan tabir surya
Jika ingin melindungi kulit berminyak Anda dari sinar UV yang berbahaya, pilih tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Juga, pastikan tabir surya tersebut tidak mengandung pelembab di dalamnya.

Salicylic acid
Asam salisilat mengelupas kelenjar produksi minyak dan folikel, serta mengurangi jumlah minyak yang dikeluarkan oleh kulit. Jadi, ketika Anda ingin membeli pembersih atau krim wajah, cari yang mengandung zat ini.

Jangan pakai foundation
Gunakan riasan seminimum mungkin, bahkan jika bisa hindari penggunaan foundation. Make up akan meningkatkan penyumbatan pori-pori dan membuat kulit Anda akan lebih rentan terhadap jerawat. Pilihlah tinted moisturizers, powder, atau plain concealer.

Jangan digosok
Menggosok kulit dapat menyakiti kulit Anda, serta menyebabkan iritasi dan memperburuk jerawat.

Itu dia beberapa tips mengenai cara merawat kulit berminyak. Jangan lupa baca juga artikel tentang cara merawat wajah berminyak sebagai pelengkap informasi di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar