Kamis, 12 Desember 2013

Cara Merawat Rambut Kering dan Kusut

Merawat Rambut Kering
Selain rambut rontok, rambut kering juga menjadi salah satu masalah rambut yang tidak bisa diabaikan. Rambut kering akan terlihat tidak sehat dan kurang bercahaya. Selai itu, rambut kering juga bertanggung jawab kenapa rambut mudah kusut.

Nah, setelah sebelumnya saya berbagi info mengenai cara merawat rambut rontok, kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara merawat rambut kering dan kusut. Namun sebelumnya mari kita lihat dulu, apa sih penyebab rambut kering ?

Seperti dilansir laman Boldsky, berikut ini beberapa penyebab rambut menjadi kering dan kusut.
  • Terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung dan dalam waktu yang lama.
  • Menggosok rambut menggunakan handuk setelah selesai keramas.
  • Terlalu sering menggunakan cat rambut untuk mewarnai rambut.
  • Menggunakan berbagai macam obat juga dapat merusak rambut.
  • Terlalu sering pergi ke salon, sebab biasanya salon menggunakan bahan kimia.

Cara Mengatasi Rambut Kering


Untuk mendapatkan rambut yang indah, tidak rusak, kering dan bercabang Anda bisa menyimak tips-tips dibawah ini.

Minyak Zaitun
Selain bisa digunakan untuk erwatan rambut rontok, minyak zaitun juga berguna sebagai pelembab rambut dan mengatasi rambut kering. Setiap dua minggu sekali oleskan minyak zaitun hangat pada rambut, untuk menghangatkan minyak tersebut bisa menggunakan microwave. Ketika di olesi rambut dalam keadaan basah. Biarkan selama lima menit, lalu keramas dengan shampo.

Masker Mayonaise
Mayonaise terbuat dari telur, minyak zaitun, lemon dan semua bahan alami yang dibutuhkan untuk memberi nutrisi pada rambut. Membuatnya tidak sulit, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah ini: 3 sdm mayonaise plain/tanpa rasa, 1 buah pisang, lumatkan sampai halus berbentuk pasta. Campur semua bahan hingga rata berbentuk pasta. Oleskan masker pada rambut yang kering. Oleskan hanya pada bagian helai rambut, jangan mengenai kulit kepala. Diamkan selama 20 menit. Anda bisa membungkus masker dengan handuk hangat. Bilas masker dan cuci rambut seperti biasa. Akan lebih baik jika rambut dikeringkan dengan cara alami.

Cuka apel
Cuka apel berkhasiat untuk mengurangi rambut rusak dan membuat rambut menjadi lebih halus. Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan minyak gandum dengan setengah cangkir cuka sari apel dan tambahkan air secukupnya, oleskan campuran tersebut ke area rambut setelah keramas saat rambut masih basah, diamkan sekitar 10 menit lalu bilas hingga bersih tanpa menggunakan shampo.

Masker Pisang
Haluskan pisang, jika ingin cepat, blender pisang hingga halus, tambahkan bahan lain hingga tercampur rata. Pada rambut kering, aplikasikan masker rambut. Anda bisa menggunakannya dari pangkal rambut atau hanya ujungnya saja. Bungkus kepala dengan handuk, atau bisa menggunakan tas kresek seperti dalam video tutorial. Diamkan selama 20 hingga 30 menit. Keramas rambut seperti biasa. Keringkan rambut dengan diangin-anginkan atau gunakan hair dryer angin dingin. Selesai.. rambut terasa lebih lembut.

Cara Perawatan Rambut Kering


Selain menggunakan masker alami untuk mengatasi rambut kering, Anda juga perlu melakukan beberapa tips berikut ini untuk merawat rambut kering agar tidak mudah kusut:

Hindari Pengering Rambut
Mengeringkan rambut dengan alat pengering yang panas dapat menyebabkan rambut menjadi stress dan ujung-ujungnya menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Sebaiknya agar rambut tidak mudah rusak dan bercabang keringkan rambut dengan kipas atau cukup diangin-anginkan saja.

Gunakan Kondisioner Rambut
Seminggu sekali gunakan kondisioner setelah keramas diamkan selama 10 hingga 15 menit kemudian baru dibilas. Kondisioner usahakan jangan sampai tersisa di rambut dan saat menggunakan tidak mengenai kulit kepala karena akan menyebabkan rambut lepek dan berminyak.

Sisir Rambut Dengan Benar
Cara menyisir rambut sangat berpengaruh dengan kesehatan rambut Anda. Usahakan gunakan sisir dengan gigi lebar. Tidak perlu menyisir rambut berkali-kali tapi cukup rambut tidak kusut.

Vitamin rambut
Berbeda dengan serum, vitamin rambut cenderung lebih ringan formulanya. Nah, Anda bisa memijit bagian batang rambut dengan vitamin ini untuk mendukung dan mencukupi kebutuhan nutrisi rambut.

Shampoo khusus rambut kering
Pastikan Anda memilih shampoo khusus untuk jenis rambut kering. Langkah ini cukup penting karena rambut membutuhkan kelembaban yang ganda, yang bisa diperoleh lewat formula shampoo untuk rambut kering.

Bagi Anda yang mempunyai rambut kering dan mudah kusut bisa mempraktekan beberapa tips diatas untuk mengatasinya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar