Kamis, 12 Desember 2013

Cara Merawat Rambut Rusak dan Bercabang

Merawat Rambut Rusak
Rambut rusak dan bercabang, tentu saja akan turut merusak penampilan Anda. Keindahan rambut yang sesungguhnya yang dianggap sebagai mahkota akan sirna.

Nah, setelah kemarin saya memberikan informasi mengenai cara mengatasi rambut kering dan kusut, kali ini saya akan kembali memerikan tips seputar perawatan rambut. Yaitu bagaimana cara merawat rambut rusak dan rambut bercabang. Namun, sebelum kita melangkah ke pembahasan utama, ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu apa saja penyebab rambut rusak.

Rambut rusak bisa disebabkan banyak faktor. Beberapa kebiasaan buruk dan perlakuan salah terhadap rambut dapat menyebabkan rambut menjadi rusak.

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan rambut rusak seperti dilansir Vemale.com:
  1. Sering beraktivitas di bawah sinar matahari langsung
  2. Shampoo yang digunakan terlalu keras
  3. Sering menggunakan hairdyer dan pencatok rambut tanpa terlebih dahulu melapisi dengan serum atau vitamin
  4. Terlalu kasar memperlakukan rambut
  5. Kelembaban rambut sangat kurang

Hindari hal-hal penyebab rambut rusak diatas jika Anda ingin memiliki rambut yang sehat dan indah.

Cara Merawat Rambut Rusak


Nah, setelah Anda mengetahui penyebabnya mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya yaitu cara perawatan rambut rusak dan bercabang.

Pijat minyak alami
Mengembalikan kelembaban rambut bisa dilakukan dengan massage minyak alami. Minyak yang boleh digunakan seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond. Massage dan biarkan selama 30-60 menit sebelum berkeramas dan dibilas hingga bersih. Hasilnya akan segera tampak setelah dilakukan setiap minggu.

Masker telur
Manfaatkan sebutir kuning telur yang dicampur dengan 3 sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan madu. Campur menjadi satu dalam sebuah wadah, kemudian aplikasikan pada seluruh bagian rambut. Tutup dengan shower cap dan biarkan hingga 60-90 menit. Keramas seperti biasa dengan shampoo bayi hingga benar-benar bersih, kemudian rasakan perbedaannya.

Masker pepaya
Pepaya sangat kaya akan protein, dan rambut membutuhkan protein untuk melembabkan serta memaksimalkan pertumbuhan rambut. Untuk itu, Anda bisa menghancurkan 200 gram pepaya, campur dengan 2 sdm yogurt, kemudian aplikasikan ke seluruh bagian rambut. Tutup dengan shower cap untuk mengunci kelembabannya. Dan diamkan selama 30 menit sebelum keramas seperti biasa.

Kondisioner madu
Apabila kondisioner lain ternyata tidak memberikan hasil yang maksimal, Anda bisa memanfaatkan madu sebagai kondisioner alami. Mungkin akan sedikit memberikan rasa lengket, namun madu sangat bermanfaat memberikan kelembaban dengan kualitas maksimal.

Cara Cleopatra
Campurkan 3 sendok makan madu dengan 1 sendok makan minyak bunga castor atau minyak zaitun lalu aduk hingga merata. Setelah rata, gunakan pada rambut yang masih basah setelah keramas dan diamkan selama 5-10 menit lalu bilas hinga bersih. Ini adalah salah satu rahasia kecantikan Ratu Cleopatra.

Masker rambut bercabang
Ramuan masker yang ini dapat mengembalikan kelembaban rambut. Membuat rambut lebih lembut serta merawat bagian yang bercabang dan kering. Hancurkan pisang sampai lembut, campurkan dengan telur dan alpukat kemudian aduk-aduk. Tambahkan madu, susu bubuk, dan minyak zaitun. Aduk kembali hingga benar-benar rata. Aplikasikan pada rambut mulai dari akar hingga ujung. Biarkan selama 30 menit, kemudian keramas dengan shampoo hingga bersih. Digunakan 2 kali dalam sebulan.

Ramuan Masker Yogurt
Ramuan masker ini bermanfaat mengatasi rambut yang susah diatur, patah-patah dan membuat rambut jadi lebih lembut. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi. Campurkan yogurt dan mayonaise kemudian aduk hingga merata. Aplikasikan pada rambut yang telah dibasahi. Tutup dengan shower cap atau plastik. Diamkan selama 30 menit. Keramas dengan shampoo dan bilas hingga bersih dengan air dingin. Digunakan 1 kali saja dalam sebulan.

Oke, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rambut bercabang dan merawat rambut rusak. Silahkan coba sendiri di rumah dengan teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar