Rabu, 01 Januari 2014

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap

Bau Mulut
Bau mulut merupakan hal yang sangat mengganggu, terutama dalam pergaulan. Bau tak sedap dari mulut Anda dapat menyebabkan anda tersisih dalam pergaulan. Dan juga dapat membuat anda kehilangkan kepercayaan diri. Bayangkan saja anda sudah tampil rapi dan gantang/cantik tetapi orang menutup hidung dan memalingkan wajah ketika Anda berbicara.

Penyebab Bau Mulut


Bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya sebagai berikut:

1. Makanan
Beberapa jenis makanan yang berbau tajam dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Diantaranya durian dan bawang putih. Melewatkan sarapan pagi juga dapat menyebabkan bau tak sedap pada mulut anda.

2. Masalah ginjal dan hati
Ketika hati dan ginjal bermasalah, jumlah bakteri dalam mulut akan meningkat. Hal inilah yang menyebabkan bau mulut. Jadi, hati-hati ketika bau mulut Anda tidak kunjung sembuh, bisa jadi ada masalah pada kedua organ ini.

3. Masalah mulut
Beberapa masalah di mulut seperti sariawan dan gusi berdarah dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Infeksi pada saluran tenggorokan juga dapat menyebabkan lendir dan bercampur dengan bakteri penyebab bau mulut.

4. Rokok dan alkohol
Kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol dapat menyebabkan produksi air liur menurun. Padahal, fungsi air liur adalah membunuh bakteri di sekitar mulut. Akibatnya terjadi bau mulut tak sedap.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap


Selain menghindari penyebabnya, Anda juga bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk mengatasi bau mulut tak sedap:

1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut
Menyikat gigi dua kali sehari dengan benar dapat membantu Anda mengatasi masalah bau mulut. Bisa juga dibarengi dengan obat kumur untuk menghilangkan bakteri di mulut dan tenggorokan. Namun jangan terlalu sering menggunakan obat kumur karena dapat mengurangi produksi air liur.

2. Sayuran dan Buah-buahan
Memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan dapat melancarkan pencernaan dan merangsang produksi air liur. Seperti yang kita ketahui air liur merupakan pembunuh bakteri yang alami. Buah apel dan stroberi merupakan buah yang baik dikonsumsi untuk mengatasi bau mulut.

3. Secangkir teh
Sebuah studi mengungkapkan bahwa meminum secangkir teh setiap hari, baik itu teh merah ataupun teh hijau dapat mengatasi bau mulut tak sedap. Kedua jenis teh ini mengandung polifenol, yaitu sejenis antioksidan yang dapat membunuh bakteri di mulut.

4. Kayu manis dan madu
Mengkonsumsi satu sendok makan madu dan kayu manis setelah sarapan pagi, dapat membantu menjaga kesegaran mulut seharian penuh.

5. Herbal alami
Rempah-rempah seperti cengkeh, adas, atau biji adas, dapat menghilangkan bau mulut. Setelah makan, jangan lupa untuk mengunyah cengkeh, adas, atau biji adas agar napas kembali segar.

6. Permen mint dan hazelnut
Mengunyah permen mint, permen karet dan hazelnut dapat membantu Anda menjaga kesegaran mulut serta mencegah bau mulut tak sedap.

7. Makanan penyebab bau mulut
Selain menjaga kesehatan pencernaan dan mengkonsumsi sayuran, Anda juga perlu menghindari beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan mulut berbau. Termasuk bawang merah, cabai, pete, durian dan bawang putih.

Oke, itu dia beberapa cara untuk mencegah, mengatasi dan menghilangkan bau mulut. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar