Senin, 27 Januari 2014

Cara Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami

Sakit pinggang merupakan penyakit yang biasanya terjadi pada orang-orang tua atau orang yang terlalu lelah bekerja. Atau bisa juga karena terlalu banyak duduk, kurang minum, salah dalam posisi tidur dan sebagainya. Sakit pinggang juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit yang lebih serius semisal osteoporosis atau penyakit ginjal. Maka dari itu sakit pinggang juga harus diwaspadai terutama penyebabnya.

Nah, jika anda mengalami sakit pinggang karena terlalu banyak duduk, bekerja terlalu kersa, salah urat, dsb bisa diobati dengan ramuan tradisional. Dan langsung saja, berikut ini kami berikan informasi mengenai cara mengobati sakit pinggang dengan ramuan tradisional.

Obat Sakit Pinggang
Temulawak
Temulawak memang sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat berkhasiat. Salah satunya menyembuhkan sakit pinggang. Caranya mudah, ambil 1 rimpang temulawak, 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari dan 1 genggam daun kumis kucing. Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih lalu disaring. Airnya diminum satu kali sehari sebanyak satu gelas tiap kali minum.

Daun Landep
Selain bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala, daun landep ini ampuh juga mengatasi sakit pinggang dan rematik. Caranya, ambil segenggam daun landep kemudian cuci dan digiling sampai halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil diaduk merata sampai berbentuk seperti adonan. Balurkan ramuan tersebut ke bagian pinggang yang sakit.

Daun sirsak
Daun sirsak merupakan obat tradisional yang sedang hangat dibicarakan saat ini karena kemampuannya dalam mencegah kanker. Namun, bukan hanya penyakit berat seperti kanker, sakit pinggangpun bisa diobati dengan daun sirsak. Caranya, ambil 20 lembar daun sirsak kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Air rebusan daun sirsak tersebut diminum sekali sehari dengan dosis 3/4 gelas setiap kali minum.

Daun Kecubung
Untuk mengobati sakit pinggang, sediakan 4 lembar daun kecubung kemudian dihaluskan dengan kapur sirih secukupnya hingga terbentuk sebuah adonan. Nah, adonan tersebut dioleskan pada pinggang yang sakit sebagai balsem. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengobati bisul dan luka memar.

Daun Pinang
Jika buah pinang sering digunakan sebagai bahan "makan sirih", maka daunnya berkhasiat untuk mengatasi sakit pinggang. Caranya mudah, ambil beberapa lembar daun pinang kemudian digiling atau dtumbuk hingga halus. Campur dengan minyak kelapa seperlunya, panaskan sebentar diatas api sabil aduk rata. Ramuan tersebut digunakan untuk mengompres bagian pinggang yang sakit.

Biji Blustru
Biji blustru secukupnya disangrai sampai hangus, lalu giling sampai halus dan masukkan ke dalam stoples. Jika akan digunakan, ambil sebanyak 10 gram lalu masukkan ke dalam 1/2 seloki arak. Aduk merata, lalu endapkan. Airnya diminum sekaligus, sedangkan ampasnya dibubuhkan ke bagian pinggang yang sakit.

Halia
Halia ini masih satu keluarga dengan jahe dan temulawak. Karena itu khasiatnya juga tidak perlu diragukan lagi. Ambil 4-8 rimpang umbi halia sebesar ibu jari dan buah asam jawa yang sudah masak secukupnya. Umbi halia diparut dan campur dengan buah asam jawa, kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Herba Sangitan
Ambil 15-30 gram herba sangitan, cuci bersih dan potong-potong kasar. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum. Bisa juga dioleskan pada pinggang yang sakit atau bengkak.

Sebenarnya masih banyak lagi obat sakit pinggang yang belum disebutkan. Tapi karena waktu yang tidak mencukupi mudah-mudahan kita bisa bahas lagi di artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar