Sabtu, 25 Januari 2014

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Sakit Gigi Berlubang
Sakit gigi merupakan penyakit yang sangat menyiksa. Orang yang mengalami sakit gigi kadang disertai dengan rasa demam, menggigil dan sakit kepala. Sakit gigi hanya bisa ditandingi dengan sakit hati.

Penyebab sakit gigi bisa berbagai macam. Diantaranya adalah karena bakteri, terlalu banyak memakan makanan manis seperti permen atau cokelat, gigi berlubang dan gusi bengkak serta gusi berdarah. Bahkan, mengkonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak bawang putih juga bisa menyebabkan sakit gigi.

Namun, sakit gigi tersebut bisa diakali dengan beberapa ramuan tradisional. Dan berikut ini ramuan tradisional yang bisa mengobati sakit gigi.

Daun ki tolod
Daun ki tolod bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya, ambil 2 lembar daun ki tolod kemudian dicuci bersih lalu ditumbuk halus, taruh pada lubang gigi yang sakit. Diamkan hingga beberapa jam, setelah itu diganti dengan yang baru.

Getah patah tulang
Patah tulang merupakan tanaman yang bisa dijadikan obat. Salah satunya untuk mengobati sakit gigi. Caranya, ambil beberapa tetes getah patah tulang dengan kapas yang bersih. Kemudian getah tersebut dioleskan ke gigi yang sakit. Lakukan 1-2 kali sehari, hati-hati jangan sampai mengenai gigi yang sehat.

Daun Cabe Jawa
Daun cabe jawa yang segar sebanyak 3 lembar dicuci lalu ditumbuk hingga halus. Seduh dengan 1/2 gelas air panas. Selagi hangat airnya disaring, kemudian dipakai untuk kumur-kumur. Atau bisa juga menggunakan akarnya, lalu dikunyah beberapa saat, setelah itu buang. Lakukan hingga beberapa kali.

Kembang sore
Daun kembang sore bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak. Caranya, ambil beberapa lembar daun kembang sore kemudian direbus. Selagi masih hangat, airnya dipakai untuk kumur-kumur.

Biji Alpukat
Ambil satu buah biji alpukat yang sudah dikeringkan, kemudian ditumbuk hingga halus. Ambil tumbukan biji alpukat tersebut lalu tempelkan untuk menutup gigi yang berlubang. Diamkan beberapa menit, kemudian ganti dengan yang baru.

Tempurung kelapa
Mungkin sebagian dari anda ada yang heran, bagaimana bisa tempurung kelapa mengobati sakit gigi. Caranya adalah dengan membakar tempurung kelapa yang masih agak basah. Biasanya akan keluar minyak dari tempurung kelapa tersebut yang berbuih. Nah, ambil minyak tempurung kelapa tersebut dengan kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

Daun sirih
Ambillah beberapa lembar daun sirih, kemudian direbus dengan dua gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk berkumur. Lakukan secara teratur hingga gigi Anda sembuh.

Tuh, kan ternyata banyak sekali tanaman obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Semoga artikel mengenai cara mengobati sakit gigi ini dapat bermanfaat bagi anda semua yang membutuhkannya.

1 komentar: