Senin, 11 Juni 2012

Jangan Tertipu dengan "Facebook Verification Account"

Pagi ini, banyak yang melaporkan kalau mereka menerima sebuah ajakan dari teman Facebook lainnya untuk melakukan verifikasi akun sebelum tanggal 15 Juni 2012. Ajakan tersebut berisi permintaan untuk melakukan verifikasi akun. Apabila Anda tidak melakukan verifikasi, maka Anda akan menyalahi undang-undang SOPA dan PIPA. Akibatnya, akun Facebook Anda akan dihapus! Takut akunnya benar-benar dihapus, banyak orang yang akhirnya menerima ajakan tersebut. Sayangnya, ajakan ini ternyata hanyalah jebakan belaka! Apabila Anda mengklik link yang diberikan dan melakukan verifikasi, kemungkinan besar password Anda sudah terambil oleh si penjahat cyber!

Ada beberapa keanehan yang terlihat dari “Facebook Account Verification” ini. Yang paling mudah ditemukan adalah adanya typo. Di awal kalimat, Anda akan menemukan kata “Warming”. Kata yang seharusnya dituliskan adalah “Warning”. Tim Facebook sangat jarang melakukan kesalahan seperti typo ini, sehingga sangat mungkin kalau ajakan ini tidak berasal dari Facebook. Pada beberapa kasus penipuan di Facebook lainnya juga sering sekali terlihat typo.

Keanehan kedua terletak pada nama “Facebook Verification Name”. Hingga saat ini, Facebook tidak pernah membentuk tim khusus tersebut. Jika pernah, biasanya mereka akan mengumumkannya kepada semua pengguna.

Keanehan ketiga terlihat ada di counter pengunjung ajakan tersebut. Facebook hingga saat ini tidak pernah menggunakan counter seperti yang terlihat di gambar.

Begitu juga dengan ajakan “Facebook” untuk menyebarkan berita tersebut. Sekali lagi, bukankah Facebook bisa menyebarkan sendiri pesan yang ingin mereka sampaikan, daripada meminta Anda untuk menyebarkannya kepada orang lain?

Sudah cukup banyak pengguna Facebook yang terjebak masalah ini. Kemungkinan besar, hal tersebut bisa terjadi karena si penjahat cyber menggunakan nama “Facebook” dan juga “SOPA dan PIPA” sehingga para korban tidak curiga untuk melakukan verifikasi.

Bagaimana jika sudah terlanjut “terjebak”? Saran kami, segera lakukan perubahan password!

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar