Minggu, 10 Juni 2012

Orangutan pake ipad?

Sumber: Orangutan Pakai IPad?

Orangutan Jaman Sekarang Berkomunikasi Dengan Ipad



MIAMI - 8-tahun Orangutan kembar mencintai iPad mereka.

http://global.fncstatic.com/static/m...th%20iPads.jpg


Mereka menggambar, bermain game dan memperluas kosa kata mereka. Orangutan remaja di keluarga mereka juga menyukai tablet komputer genggam ini, tapi klan yang tertua tidak suka.

Orangutan di Pulau Jungle Miami tampaknya seperti manusia dalam hal teknologi. Taman ini merupakan salah satu kebun binatang beberapa bereksperimen dengan komputer dan kera, membiarkan orangutan enam menggunakan iPad untuk berkomunikasi dan sebagai bagian dari program stimulus mental. Linda Jacobs, yang mengawasi program ini, berharap perangkat-perangkat ini pada akhirnya akan membantu menjembatani kesenjangan antara manusia dan kera yang terancam punah.

Jacobs mengatakan ia mulai membiarkan orangutan menggunakan iPads musim panas lalu, berdasarkan saran dari seseorang yang telah menggunakan perangkat dengan lumba-lumba. Perangkat lunak ini pada awalnya dirancang untuk manusia dengan autisme dan layar menampilkan gambar dari berbagai objek. Seorang pelatih kemudian memberi nama salah satu objek, dan kera menekan tombol yang sesuai.

Perangkat telah menjadi tambahan yang bagus untuk program pengayaan di Jungle Island sudah melakukan dengan orangutan. Para penjaga telah lama menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan mereka. Menggunakan tangan mereka, orangutan dapat menanggapi pertanyaan sederhana, mengidentifikasi objek dan mengekspresikan keinginan atau kebutuhan. Kera juga dapat mengidentifikasi bagian-bagian tubuh, dan membantu pelatih merawat mereka.

"Kami mampu untuk benar-benar memantau kesehatan mereka setiap hari," kata Jacobs dari kebutuhan untuk komunikasi dengan orangutan. "Kita bisa melakukan pemeriksaan harian Jika seseorang sedang tidak enak badan, kita tahu segera.."

Orangutan sangat cerdas tetapi dibatasi oleh ketidakmampuan fisik mereka untuk berbicara, katanya.

"Mereka semacam terperangkap dalam badan-badan," kata Jacobs. "Mereka memiliki kecerdasan yang mereka butuhkan untuk berkomunikasi, tetapi mereka tidak memiliki peralatan yang tepat, karena mereka tidak memiliki kotak suara atau pita suara Jadi ini memberi mereka cara untuk memberitahu kami tahu apa yang mereka tahu,. Apa yang mereka mampu, apa yang mereka ingin miliki. "

Kebun binatang lain dan taman alam melakukan pekerjaan serupa.
Untuk orangutan, iPad sendiri memiliki keterbatasan. Pertama, layar yang relatif kecil menyebabkan orangutan untuk menekan tombol yang salah kadang-kadang. Juga, layar sentuh tidak akan register jika mereka mencoba untuk menggunakan kuku mereka. Yang terpenting, perangkat terlalu rapuh untuk benar-benar dipegang oleh kera - para pelatih harus membantu menahan.

Ilmuwan dan konservasionis Birute Mary Galdikas, pendiri Orangutan Foundation International, mengatakan orangutan adalah salah satu hewan paling cerdas. Orangutan di alam liar, di mana Gladikas telah mempelajari kera selama lebih dari empat dekade, secara rutin menggunakan alat untuk menggaruk sendiri, memukul serangga dan membuat tempat penampungan sederhana. Dalam penangkaran, Gladikas mengatakan, orangutan telah menunjukkan luar biasa kreatif-kemampuan berpikir, khususnya dalam kemampuan mereka untuk melarikan diri.

Orangutans at Miami zoo use iPads to communicate | Fox News

Sumber: Orangutan Pakai IPad?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar